Sunday 28 April 2013

masa nifas




Masa Nifas

Pengertian masa nifas sederhananya adalah masa pasca persalinan. Setelah proses persalinan selesai, saatnya bagi rahim untuk menjalani proses pemulihan. Proses pemulihan rahim dan alat-alat reproduksi membutuhkan waktu yang berbeda-beda setiap orangnya.
Proses mengecilnya kembali rahim ke ukuran semula tentu akan berlangsung secara bertahap. Masa nifas biasanya berlangsung sekitar 40 hari. Selama masa nifas, vagina akan terus-menerus mengeluarkan darah yang mengandung trombosit, sel-sel tua, sel-sel mati (nekrosis), serta sel-sel dinding rahim (endometrium), yang disebut lokia.
Apa saja tahapan-tahapan perubahan lokia dalam masa nifas? Berikut ulasannya.
1.     Lokia kubra
Proses ini berlangsung selama tiga hari pertama setelah melahirkan. Darah pada tahapan pertama ini berwarna merah segar dan berpotensi mengandung banyak kuman penyakit.
2.     Lokia sanguinolenta
Pada tahapan kedua ini, darah berwarna merah dan berlendir. Proses ini berlangsung selama 1-2 minggu.
3.     Lokia Serosa
Pada tahapan ini, cairan biasanya berwarna kuning kecoklatan lalu merah muda. Cairan berwarna ini biasanya mulai keluar dua minggu hingga satu bulan setelah melahirkan.
4.     Lokia alba
Cairan berwarna kekuningan lalu bening keluar selama sekitar dua minggu. Berlangsung dari minggu keempat hingga minggu keenam. Jika cairan lokia sudah berwarna bening, maka masa nifas Anda berlangsung normal.
   Pengertian masa nifas ternyata bukan hanya terkait masa pemulihan reproduksi. Dalam hal ini, Anda harus siap menerima tantangan baru sebagai seorang ibu. Lakukan pemeriksaan rutin pasca melahirkan dan hindari melakukan aktivitas terlalu berat.

No comments:

Post a Comment